PALU ARIT di LADANG TEBU by: Hermawan Sulistyo  

Diposting oleh BUKAFE 324


Pembunuhan massal anggota dan simpatisan Partai Komunis Indonesia (PKI) pada 1965-1966 merupakan salah satu yang terbesar di dunia. Diperkirakan 78.000-500.000 orang telah dibantai dalam kurun waktu itu. Bahkan, beberapa sarjana memperkirakan jumlah korban mencapa satu juta orang.
Ironisnya, sedikit sekali penelitian yang secara khusus membahas peristiwa tersebut. Hermawan Sulistyo, penulis buku ini, mencatat tak lebih dari empat penelitian yang pernah dilakukan, baik oleh sarjana asing maupun sarjana Indonesia.
Kendala politis dan langkahnya sumber-sumber kajian menjadi salah satu penyebabnya. Buku ini, yang diterjemahkan dari disertasi penulis di Arizona State University Amerika Serikat, adalah salah satu dari empat penelitian tersebut.
Penulis mengambil daerah penelitian di Jombang dan Kediri, Jawa Timur. Lewat penelitian di dua kota ini penulis menjawab beberapa pertanyaan: faktor-faktor apa saja yang memicu terjadinya pembunuhan massal? Apakah ada pola pembunuhan yang seragam? Benarkah tentara yang merancang operasinya? Seberapa jauh para kiai dan pemuda Ansor terlibat?
Buku ini patut dibaca oleh semua kalangan agar sejarah kelam bangsa ini tidak terulang kembali.

This entry was posted on 07.14 . You can leave a response and follow any responses to this entry through the Langganan: Posting Komentar (Atom) .

0 komentar